Selasa, 06 Oktober 2015

ICON & TOOLBAR PADA MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL BERIKUT FUNGSI DAN KEGUNAANNYA

ICON & TOOLBAR PADA MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL BERIKUT FUNGSI DAN KEGUNAANNYA


Mengenal Elemen Jendela Word
1. Menu Bar
http://sedm.org/Support/ResponseLtrs/2007MacroSecurity/Word.jpg
Berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari : Home – Insert – Page Layout – Formulas – Data - Review – View.
     1.1. Home
http://www.exactsoftware.com/docs/DocBinBlob.aspx?ID=%7B49cbae20-3e9f-4349-b4af-f655fc2a56c1%7D 
  • Clipboard
    • Paste : Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard 
    • Cut : Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard 
    • Copy : Menyalin ke clipboard 
    • Format Painter : Melakukan copy format
  • Font 
    • Font Selection : Mengganti jenis huruf 
    • Font Size : Mengatur ukuran huruf 
    • Increase/Decrease Font : Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat 
    • Bold, Italic, Underline : Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks 
    • Border : Membuat garis bingkai sel 
    • Fill : Mewarnai sel 
    • Color : Mewarnai huruf
  • Alignment
    • Vertical Alignment : Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah 
    • Perataan teks : Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan 
    • Indent : Menambah dan mengurangi inden teks 
    • Teks Orientation : Mengubah kemiringan teks 
    • Merge Cell : Menggabungkan sel 
    • Page Break : Mengatur pemisah halaman
  • Number 
    • Format Cell : Pengaturan jenis penulisan angka 
    • Currency : Format angka untuk mata uang 
    • Persen : Format angka persen 
    • Comma : Mengubah nilai koma ribuan 
    • Increase/Decrease Decimal : Menambah dan mengurangi nilai desimal
  • Style 
    • Conditional Formatting : Melakukan format terkondisi 
    • Format as Table : Membuat format tabel cepat 
    • Cell Styles : Membuat format sel secara cepat
  • Cells 
    • Insert : Memasukkan sel baru 
    • Delete : Menghapus sel 
    • Format : Melakukan format sel
  • Editing 
    • Sum : Melakukan penghitungan 
    • Fill : Membuat pola angka secara kontinu 
    • Clear : Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format 
    • Sort & Filter : Mengatur data agar mudah dianalisis 
    • Find & Select : Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja
     1.2. Insert
http://www.wikihow.com/images/thumb/c/ca/Insert-Symbols-in-an-MS-Word-Document-Step-1.jpg/670px-Insert-Symbols-in-an-MS-Word-Document-Step-1.jpg 
  • Tables 
    • Pivot Table : Memasukkan tabel pivot
    • Table : Memasukkan tabe 
  • Ilustrations 
    • Picture : Menambahkan gambar pada worksheet
    • Clip Art : Menambahkan gambar clipart pada worksheet
    • Shapes : Menambahkan gambar bentuk tertentu
    • Smart Art : Memasukkan objek smartart 
  • Chart 
    • Coloumn : Memasukkan grafik kolom
    • Line : Memasukkan grafik garis
    • Pie : Memasukkan grafik pie
    • Bar : Memasukkan grafik batang
    • Scatter : Memasukkan grafik distribus
    • Other Chart : Memasukkan grafik lainnya 
  • Link 
    • Hyperlink : Memasukkan hyperlink pada worksheet 
  • Text 
    • Textbox : Memasukkan kotak teks
    • Header & Footer : Memasukkan header dan footer
    • WordArt : Memasukkan teks dekoratif
    • Signature Line : Memasukkan garis tanda tangan
    • Object : Memasukkan objek
    • Symbol : Memasukkan simbol

     1.3. Page Layout
http://images.sixrevisions.com/2010/07/26-05_word_menu.jpg

  • Themes 
    • Theme : Mengubah tema tampilan excel
    • Color : Mengubah warna tema
    • Font : Mengubah jenis font tema
    • Effect : Mengubah efek tema 
  • Page Setup 
    • Margin : Mengubah margin halaman
    • Orientation : Mengubah orientasi halaman
    • Size : Mengubah ukuran kertas
    • Print Area : Menentukan area tertentu untuk proses cetak
    • Breaks : Menentukan pemisah halaman
    • Background : Menentukan gambar untuk latar
    • Print Title : Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman 
  • Scale to Fit 
    • Width : Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
    • Height : Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
    • Scale : Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase Ukuran
  • Sheet Option 
    • Gridlines : Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
    • Heading : Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan 
  • Arrange 
    • Bring to Front : Objek ke depan
    • Send to Back : Objek ke belakang
    • Selection Pane : Memperlihatkan panel seleksi objek
    • Align : Meluruskan objek
    • Group : Mengelompokkan objek
    • Rotate : Melakukan rotasi objek

     1.4. Formulas

  • Function Library 
    • Insert Function : Memasukkan fungsi formula
    • Autosum : Melakukan penghitungan cepat
    • Recently Used : Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
    • Financial : Memasukkan fungsi keuangan
    • Logical : Memasukkan fungsi logik
    • Text : Memasukkan fungsi teks
    • Date & Time : Memasukkan fungsi waktu
    • Lookup & Reference : Memasukkan fungsi lookup dan referensi
    • More Function : Memasukkan fungsi lainnya 
  • Defined Name 
    • Name Manager : Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook
    • Define Name : Memberikan nama bagi sel
    • Use in Formula : Memilih nama yang digunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula
    • Create From Selection : Membuat nama sel secara otomatis 
  • Formula Auditing 
    • Trace Precedent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
    • Trace Dependent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
    • Remove Arrows : Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
    • Show Formulas : Memperlihatkan formula setiap sel
    • Error Checking : Memeriksa formula yang salah
    • Evaluate Formula : Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
    • Watch Window : Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja 
  • Calculation 
    • Calculation : Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
    • Calculate Now : Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
    • Calculate Sheet : Melakukan kalkulasi sheet sekarang

     1.5. Data
 
  • Get External Data 
    • From Access : Memasukkan data dari MS Access
    • From Web : Memasukkan data dari web
    • From Text : Memasukkan data dari teks
    • From Other Sources : Memasukkan data dari sumber lain
    • Existing Connection : Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan 
  • Connections 
    • Refresh All : Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
    • Connection : Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
    • Properties : Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
    • Edit Link : Mengatur koneksi data dari file lain 
  • Sort & Filter 
    • Sort A to Z : Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
    • Sort Z to A : Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
    • Sort : Memunculkan kotak dialog pengurutan
    • Filter : Melakukan penyaringan terhadap sel
    • Clear : Menghapus penyaringan pada sel
    • Reapply : Melakukan kembali penyaringan
    • Advanced : Melakukan penyaringan spesifik 
  • Data Tools 
    • Text to Coloumn : Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
    • Remove Duplicates : Menghilangkan baris terduplikasi
    • Data Validation : Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
    • Consolidation : Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
    • What-If Analysis : Mencoba beberapa nilai pada formula 
  • Outline 
    • Group : Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendekdan memanjang
    • Ungroup : Memisahkan sel yang mengelompok
    • Subtotal : Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan

     1.6. Review
 
  • Proofing 
    • Spelling : Memeriksa ejaan teks
    • Research : Membuka panel penelitian referensi
    • Thesaurus : Saran kata yang sepadan
    • Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain 
  • Comments 
    • Comment : Memasukkan komentar baru
    • Delete : Menghapus komentar
    • Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
    • Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
    • Show/Hide Comment : Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
    • Show All Comments : Perlihatkan semua komentar
    • Show Ink : Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja 
  • Changes 
    • Protect Sheet : Melindungi lembar kerja
    • Protect Workbook : Melindungi buku kerja
    • Share Workbook : Berbagi buku kerja
    • Protect and Share Workbook : Melindungi dan berbagi buku kerja
    • Allow Users to Edit Ranges : Memperbolehkan pengguna mengubah data
    • Track Changes : Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen

     1.7. View


 


  • Workbook Views 
    • Normal : Melihat dokumen secara normal
    • Page Layout : Melihat dokumen sesuai hasil cetak
    • Page Break Preview : Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
    • Custom Views : Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
    • Full Screen : Melihat dokumen dalam mode layar penuh 
  • Show/Hide 
    • Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading : Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang formula, dan heading 
  • Zoom 
    • Zoom : Memperbesar tampilan100% : Besar tampilan 100%
    • Zoom to Selection : Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi 
  • Window 
    • New Window : Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen Tersebut
    • Arrange All : Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
    • Freeze Pane : Membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
    • Split : Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkanlembar kerja Anda
    • Hide : Menyembunyikan jendela terseleksi
    • Unhide : Memunculkan jendela tersembunyi
    • View Side by Side : Memperlihatkan jendela berdampingan
    • Synchronous Scrolling : Membuat dua jendela menggulung bersamaan
    • Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
    • Save Wokspace : Menyimpan pengaturan tampilan jendela sehingga dapat dibuka kembali dengan tampilan yang sama
    • Switch Windows : Berganti jendela yang aktif 
  • Macros 
    • View Macros : Memperlihatkan macro dokumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar